Breaking News

Terapkan Teknologi Sistem Layanan, Kota Tangsel Tuan Rumah WTA 2016

PKSTangerang.com - Belum lama ini, Kota Tangerang Selatan menjadi tamu kehormatan untuk menghadiri acara Daejeon Global Innovation Forum (DGIF) di Kota Daejeon, Korea. DGIF merupakan evet tahunan Kota Daejeon untuk menampilkan inovasi-inovasi di bidang teknologi. 

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota Tangsel mengutus delegasi dari unsur Pemkot Tangsel yang diwakili Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Bappeda Kota Tangsel, Dishub Kota Tangsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangsel, Kepala Puspiptek, Ketua-Ketua Fraksi DPRD Kota Tangsel, juga perwakilan akademisi dari Kampus Universitas Pamulang (Unpam).

Siti Chadijah, salah satu delegasi dari unsur legislatif mengatakan, dalam forum DGIF tersebut Kota Tangsel diminta untuk menyampaikan kesiapan Kota Tangsel menjadi tuan rumah World Technopolis Association (WTA). Event WTA diselenggarakan tiap dua tahun sekali, pada tahun 2014 WTA digelar di Kota Daejeon, Korea. Dan alhamdulillah sejak September 2010, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pupiptek) Serpong sudah disahkan menjadi anggota WTA.

“Pemerintah daerah menjadi menjadi pendukung utama WTA, dan pada tahun 2016 Kota Tangsel ditunjuk untuk menjadi tuan rumah konferensi WTA, ” katanya.

Chadijah menjelaskan, WTA adalah non goverment organization (NGO) internasional dalam bidang Perhimpunan Science Technopark (STP) sedunia. Pada saat ini anggota WTA berjumlah 77 STP yang berasal dari 39 negara. Anggota WTA berasal dari dari pemerintah daerah, sektor bisnis, industri dan teknologi, perguruan tinggi, serta lembaga penelitian dan pengembangan.

Jadi, lanjut Chadijah, kota-kota yang menerapkan teknologi dalam sistem layanan maupun pembangunannya berkumpul dalam asosiasi WTA, dan alhamdulillah Pemerintah Kota Tangsel terus bertekad mengembangkan teknologi untuk diterapkan dalam sistem layananan masyarakat. “Sistem layanan yang sudah menggunakan teknologi seperti layanan e-Musrenbang, e-KTP, kampung digital di Kranggan, Setu dan lainnya,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel ini.

Dalam konferensi Daejeon Global Innovation Forum juga disepakati LoI (Letter of Intent) Sister City antara Kota Tangsel dan Kota Daejeon tentang pengembangan teknologi dan pendidikan. Bertolak dari dua agenda besar itulah delegasi Kota Tangsel berangkat ke Kota Daegeon untuk menyelesaikan misinya. (Cipto)

Tidak ada komentar