Breaking News

PKS Dukung Siapapun Pengganti Novanto

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini
PKSTangerang.com - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini mengaku pihaknya akan mendukung siapapun kader Partai Golkar yang akan menggantikan posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

"Buat Fraksi PKS tentu harus menghormati independensi partai politik yang ada. Apa pun keputusannya, bagi PKS tidak ada jalan lain kecuali menghargai," kata Jazuli Juwaini di Gedung DPR Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Ia menyatakan, berdasarkan amanat Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) Nomor 17/2014, pengganti ketua DPR yang telah mengundurkan diri ditentukan oleh fraksi asalnya.

"Sesuai UU MD3 memang harus dari fraksi yang sama," katanya.

Ia menyatakan, usulan kocok ulang pimpinan DPR, mustahil terjadi. Sebab, UU Nomor 17/2014 tidak meruangkan mekanisme lain kecuali dengan pemilihan dari fraksi asal ketua DPR yang mengundurkan diri.

"Poinnya, penggantinya adalah dari partai terkait. Adapun partai terkait menentukan siapa, tentu itu adalah hak prerogatifnya partai terkait. Kocok ulang pimpinan kan kalau undang-undangnya masih undang-undang MD3 ini. Saya kira ruang itu tidak ada. Kecuali ada perubahan undang-undang," ulasnya.

Diketahui, Kamis (17/12/2015) malam, bertempat di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, DPP Partai Golkar sudah menentukan Ade Komarudin sebagai pengganti kepemimpinan Setya Novanto.

Sumber: inilah.com

Tidak ada komentar