Breaking News

Visi Besar Kehumasan PKS

Kabtangerang.pks.id - Malam ini menemani Akh Hadi Santoso, ST, Ketua Bidang Humas DPW PKS Jateng. Kebetulan beliau tengah melakukan kunker di Cilacap. Ngobrol banyak hal, mulai dari progress report Pemilukada Cilacap hingga membangun visi besar kehumasan, khususnya dalam skala Jateng. Ada beberapa point penting yang perlu jadi titik tekan. Diantaranya :

Pertama, Jejaring Keahlian
Humas dikonsep untuk membangun jejaring keahlian, khususnya bidang keahlian yang terwujud dalam komunitas kreatif PKS. Mulai dari fotografi, desain grafis, literasi dll. “Humas bisa berperan dengan dua pola, yakni ; meningkatkan skill dari kalangan internal maupun merekrut SDM handal dari eksternal” tutur Hadi Santoso, ST.

Dimasa depan, humas bukan sekedar menjadi wadah SDM yang menjalankan peran public relation, tapi juga dikenal sebagai wadah berkumpulnya orang - orang yang ekspert dibidangnya. Dengan demikian, bidang humas memiliki magnet yang kuat sebagai tempat anak muda yang ingin beraktualisasi diri.

Kedua, Jejaring Bisnis
Dengan keahlian khusus dibidang fotografi, teknologi informasi, fotografi, literasi dll diharapkan humas bisa menghidupkan jejaring bisnis kader dan komunitasnya. “Keunggulan humas PKS adalah suplai anak muda yang kreatif, inovatif dan melek teknologi. Mereka diberi ruang sebesar - besarnya untuk berekspresi dengan ide segar dan orisinil. Dengan sedikit sentuhan dan arahan, sektor ini bisa menjadi komoditas bisnis yang menjanjikan” tegas Hadi Santoso, ST.

Bisnis dimasa depan banyak bergantung dengan teknologi informasi, apapun jenis usahanya. Teknologi yang semakin maju perlu ditopang konten yang menarik dan memadai. Saat ini, masing - masing komunitas kreatif memang berjalan diatas relnya sendiri - sendiri. Namun jika diintegrasikan, maka kita mampu membuat paket - paket bisnis yang bernilai tinggi kepada mitra bisnis.

Ketiga, Jejaring Suara
Pada akhirnya, humas harus banyak berperan untuk mendongkrak perolehan suara. Diantaranya dari sisi pemberitaan, tone dan framing serta pertumbuhan basis sosial dari komunitas kreatif. Semua harus berjalan secara simultan dan beriringan. Karena pendekatan hobi dan gaya hidup relatif mampu menghasilkan pemilih yang loyal dan murah.

Dalam membangun jejaring suara, humas tidak perlu melakukan cara - cara yang tidak bermartabat sebagaimana yang dilakukan oleh jasmev dan cyberarmy lainnya. Humas harus berpegang pada kaidah jurnalistik yang mengedepankan validitas dan hati nurani. “Agenda besar bersama yang harus dihadapi oleh wartawan yang masih memegang idealisme adalah menjernihkan peristiwa tanpa tendensi, tanpa distorsi dan tidak manipulatif. Dititik ini, humas harus bisa menjadi pelopor dan turut memberi andil” kata Hadi Santoso, ST.

Khatimah
Rumusan untuk mensinergikan peran - peran kehumasan dengan bidang lain memang masih terbuka untuk dikonstruksi. Termasuk tantangan untuk tetap berkarya meski dalam keterbatasan. “Kita tidak perlu berkecil hati dengan segala keterbatasan yang ada. Karena sejarah membuktikan bahwa berkarya dalam keterbatasan adalah jalan yang ditempuh oleh orang - orang hebat” jelas Hadi Santoso, ST bersemangat.

Eko Jun

Tidak ada komentar