Breaking News

Bentuk Karakter Anak, PKS Kelapa Dua Adakan Latihan Memanah

Kabtangerang.pks.id - Dahulu, panahan identik dengan berperang dan berburu hingga dianggap hanya cocok untuk orang dewasa. Tapi saat ini, olahraga ini justru tengah digandrungi anak-anak untuk menyalurkan hobi atau sekadar bermain dengan teman sebayanya. 

Lihat saja yang dilakukan puluhan anak kader-kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang begitu antusias mengikuti latihan memanah di lapangan futsal perumahan Harapan Kita, Kelapa Dua Tangerang, Minggu pagi (28/8/2016).

Menurut Ketua Panitia, Anisa Insani Putri, latihan ini diprakarsai Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS Kelapa Dua melalui salah satu programnya, Komunitas Anak Sholeh (KAS). BPKK PKS Kelapa Dua mengganggap olahraga ini layak diperkenalkan kepada anak-anak karena berdampak positif bagi pembentukan karakter.

"Memanah ini kan latihan untuk fokus, konsentrasi, pantang menyerah, pengendalian emosi dan bermental juara. Sikap-sikap itu umumnya yang ditanamkan anak-anak sejak dini melalui olahraga panah," kata Anisa.

Selain itu, menurut Anisa memanah juga salah satu olahraga yang diperintahkan Rasulullah SAW. Rasulullah memerintahkan kepada orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya olahraga memanah.

Sidiq, pelatih panahan
Sidiq Wawan, pelatih panahan yang didatangkan panitia mengungkapkan, dalam melepaskan anak panah ke papan target diperlukan konsentrasi yang tinggi dan perhitungan yang matang. Anak akan dilatih fokus pada satu titik di papan target dengan jarak tertentu hingga berhasil dicapai. Kemampuan fokus anak akan diasah. 

“Saya coba lihat anak-anak kan hiperaktif, sedangkan salah satu yang diajarkan panahan itu harus fokus. Value (nilai) yang bisa diambil itu adanya harmonisasi tubuh, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya,” ungkapnya.




Tidak ada komentar