PKS Kabupaten Tangerang
Anggota Komisi Lingkungan DPR RI Rofi Munawar
Kabtangerang.pks.id - Anggota Komisi Lingkungan DPR RI Rofi Munawar meminta pemerintah segera bertindak untuk mencegah melebarnya kebakaran yang terjadi di Provinsi Riau.

“Mitigasi dini dan respon cepat petugas akan sangat menentukan pencegahan kebakaran hutan serta lahan yang saat ini mulai terjadi di Provinsi Riau,” jelas Rofi di Jakarta, Kamis (11/8).

Diketahui, dalam sepekan terakhir, terjadi tren peningkatan cukup drastic kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Kini, karhutla tersebut mulai merambah Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, yang terjadi di daerah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, yang menjadi lahan milik warga.

Oleh karena itu, Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII ini meminta aparat keamanan dan pemda setempat untuk segera melakukan pemadaman kebakaran hutan, dengan menginventarisasi serta mobilisasi sumber daya yang ada.

Sebab, seringkali penyebab utama kebakaran hutan adalah karena faktor manusia, melalui kegiatan perladangan, pembukaan hutan tanaman untuk industry serta perkebunan.

“Provinsi Riau dan beberapa daerah di Sumatera hampir setiap tahun mengalami kebakaran hutan, perlu perhatian yang maksimal dari Pemerintah. Terlebih diprediksi pada bulan September akan menjadi puncak kemarau,” ulas Rofi.

Untuk menanggulangi kebakaran tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan bantuan dua helikopter. Bantuan ini dikhususkan untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan.

“Namun, hingga kini kedua heli tersebut belum bisa dioperasikan, karena pihak BNPB masih melakukan permohonan izin operasional ke Kementerian perhubungan,” jelas Rofi.

Sumber: pks.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama