Breaking News

Ketahanan Pangan Bisa Terwujud Jika Organisasi Petani Kuat

Anggota Fraksi PKS DPRD Banten, H. Asnin Syafiuddin
Kabtangerang.pks.id - Anggota Fraksi PKS H. Asnin Syafiuddin menyampaikan harapannya agar ketahanan pangan di Banten dapat terwujud. Menurut beliau, diperlukan organisasi pertanian yang kuat dan rapih. Selain itu, pemerintah Provinsi Banten juga harus menyoroti penanganan dilapangan. Karena, ujung tombak ketahanan pangan dipengaruhi oleh petani, penyuluh pertanian, dan UPT Pertanian.

Saat ini, masih banyak daerah di wilayah banten 1 (satu) harus melakukan penyuluh dan pembinaan lebih dari 3 desa dengan jarak yang cukup jauh. Sehingga, beban kerja tidak sesuai dengan kemampuan yang mengakibatkan penangan masalah pertanian di lapangan tidak berjalan dengan optimal. Tutur H. Asnin Syafiuddin saat diwawancara, Selasa (04/10/2016).

Selain itu, masyarakat Banten harus memiliki pemahaman bahwa mengkonsumsi makanan bukan hanya berupa beras atau nasi. Pemprov Banten harus mengembangkan bahan makanan pokok alternatif yang mencukupi. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi pasca panen yang dapat meningkatkan hasil pertanian dan menghasilkan nilai tambah bagi petani.

Selain itu, masih dalam kesempatan yang sama Asnin menyampaikan bahwa Pemprov Banten juga perlu melakukan pemetaan kawasan rentan atau rawan pangan secara terpadu. Hal ini dilakukan dengan melakukan intervensi penangan kerawanan pangan berbasis peta kawasan rawan pangan dan rekomendasi sistem kewaspadaan pangan dan gizi.

Sumber: banten.pks.id

Tidak ada komentar