Breaking News

Gelar Mabit, PKS Magelang Sampaikan Tiga Pesan untuk Pemuda

KABUPATEN TANGERANG - Kader DPD PKS Kota Magelang belum lama ini menggelar acara mabit (malam bina iman dan takwa) usbu’ ruhi (pekan ruhiyah) bulan Jumadil Awal 1438 H.

Acara Mabit ini diikuti 70an peserta dan dibuka secara resmi oleh H. Arifin Mustofa, S.Pd selaku Ketua Kaderisasi Kota Magelang. Dalam sambutannya, H. Arifin menyampaikan mabit adalah salah satu sarana pendidikan (tarbiyah).

“Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Sedangkan dalam terminologi dakwah mabit adalah salah satu sarana pendidikan untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajud, dzikir, tadabur, dan tafakur), serta untuk menjalin ukhuwah (kebersamaan) diantara peserta mabit lainnya. Untuk memudahkan memahami definisi mabit ini biasanya dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa,” paparnya.

Digelar Taujih (pengajian) yang disampaikan Ustadz Jamaludin Anggota Legislatif DPRD Jawa Tengah Komisi C dari Fraksi PKS. Dalam intisari taujihnya, ustadz Jamaludin menyampaikan materi penyemangat bagi para pemuda.

“Pemuda harus memiliki tiga hal dengan mengambil ibrah (pelajaran) dari keteladanan sahabat nabi yang bernama Mush’ab bin ‘Umair. Ketiganya adalah memiliki hati yang terbina, memiliki akal yang cerdas, dan berinteraksi (supel) dengan masyarakat.

Rangkaian acara mabit dilanjutkan dengan kegiatan tilawatul quran, shalat tahajud (lail) berjama’ah, sahur bersama puasa sunah yaumul bidh, shalat subuh berjama’ah dan ditutup dengan dzikir bersama.

Sumber: suaramerdeka.com

Tidak ada komentar