PKS Kabupaten Tangerang
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini
JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, menyesalkan serangan AS, Inggris, dan Perancis ke Suriah. Hal ini sejalan dengan sikap Kementerian Luar Negeri RI yang juga menyesalkan serangan itu.Menurut Anggota Komisi I DPR ini, serangan militer hanya akan menimbulkan korban jiwa yang lebih besar, eskalasi konflik juga pasti semakin meningkat.

"Kita tidak melihat siapa yang berkonflik, tapi fokus kita pada rakyat sipil Suriah yang pasti menjadi korban. Jadi hentikan serangan, hentikan konflik. Kita berharap Amerika dan sekutu menghentikan perang bukan menciptakan perang baru," kata Jazuli di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Atas alasan apapun, lanjut Jazuli, serangan militer tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya, dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Bashar Assad juga tidak bisa dibenarkan dan kita mengutuk keras jika itu terjadi. 

Menurut dia, satu-satunya jalan dan pilihan bagi pihak-pihak berkonflik adalah kembali ke meja perundingan dan negosiasi untuk perdamaian.

“Untuk itu, kita ingin upaya multilateral yang efektif dimotori oleh PBB dan tentu melibatkan peran aktif dab ekstensif Pemerintah RI," ucap Jazuli. 

Sementara itu, untuk kepentingan dalam negeri, Jazuli meminta pemerintah RI aktif menyelamatkan WNI di Suriah apalagi jika eskalasi konflik terus meningkat akibat serangan militer ini.

Sumber: rilis.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama