Breaking News

Uni Eropa Disebut Tertarik dengan Platform PKS


JAKARTA - Pengamat Hubungan Internasional Arya Sandhiyudha menilai ada ketertarikan negara-negara Uni Eropa dengan PKS. Hal ini menanggapi kunjungan kehormatan para duta besar negara-negara Uni Eropa ke kantor DPP PKS, Selasa (26/6/2018).

Arya menjelaskan ketertarikan dengan Indonesia dan PKS pada konteks ini disebabkan saat ini Eropa tidak lagi menginduk kepada Amerika Serikat (AS).

"Ada ketertarikan degan PKS, setelah 2008 politik Eropa tidak menginduk ke AS, seperti isu kemanusiaan, lingkungan hidup, bahkan pada masa Trump memilih berpunggungan dengan sikap AS," ujar Arya di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Arya menyebut keiinginan dari Uni Eropa itu menjadi kesempatan bagi PKS untuk merefleksikan pikirannya dengan baik kepada perwakilan negara-negara tersebut.

"Bisa jadi ada hal-hal yang ingin diklarifikasi sehingga menjadi asupan untuk para pengambil kebijakan di negara masing-masing. Ini kesempatan PKS untuk mendeliver platfromnya dengan baik," ujar Arya.

Ia menyebut PKS sudah berkali-kali mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua Komisi I DPR RI yang membidangi luar negeri. Hal ini menunjukkan kapasitas PKS dalam andil diplomasi internasional.

"Kita harus melihat ini kesempatan. Kalau ingin menjadi mediator perdamaian dunia ya sekarang. PKS juga harus mempersiakan diri untuk tidak inkulisf dan dapat menjadi perekat kelompok-kelompok yang berbeda," papar Arya.

Sumber: pks.id

Tidak ada komentar