PKS Kabupaten Tangerang
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih
JAKARTA - Terdapat 977 unit sekolah dan satuan pendidikan yang terdampak gempa Lombok di NTB. Pun, sebanyak 3.655 ruang kelas rusak, 1.806 di antaranya rusak parah, 891 rusak sedang, dan 958 rusak ringan.

Demikian berdasarkan data yang didapat Komisi X DPR RI saat kunjungan kerja ke Lombok pada 1-3 September 2018 pekan ini.

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter pada 5 Agustus 2018 dan disusul 6,9 SR pada 19 Agustus, sebutnya, menyebabkan 40.225 siswa dan guru mengungsi.

“Namun, karena beberapa kali gempa dan rawannya bangunan sekolah yang ambruk akibat gempa, hampir semua sekolah meliburkan siswa,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih dalam rilisnya diterima hidayatullah.com, Rabu (05/09/2018).

Selain itu, banyak korban gempa yang trauma tinggal di dalam rumah atau bersekolah di dalam gedung, karena kuatir roboh.

“Hal ini menyebabkan bisa dibilang seluruh siswa dan perangkat pendidikan di Lombok terdampak.” Bila demikian maka jumlahnya mencapai 145.452 siswa terdampak gempa Lombok.

Fikri mengungkapkan, saat ini aktivitas belajar mengajar dilakukan di bawah tenda-tenda darurat. Menurut data pos pendidikan gempa Lombok, dibutuhkan setidaknya 557 tenda sekolah darurat beserta 557 perlengkapan belajar.

Update terakhir, tenda sekolah darurat baru ada 112 buah, sedangkan yang terpasang baru 45 buah. Sementara paket sekolah baru ada 5.000 paket, dan yang terdistribusi baru 1.200 paket.

Melihat kondisi tersebut di atas, Fikri mendesak pemerintah segera menyalurkan bantuan pendidikan yang dibutuhkan.

“Jadi tolong, jangan lakukan pencitraan lagi soal pemerintah yang dermawan, segera buktikan saja dengan riil,” pungkasnya.

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Fikri mendesak Kementerian Keuangan merealisasikan dana bantuan pendidikan untuk Lombok sesuai janji.

“Sebelumnya Menkeu bilang dana siap pakai dicairkan Rp 230 miliar ke Kemendikbud, faktanya belum ada,” ujar Fikri usai kunjungan kerja spesifik Komisi X ke Lombok, Selasa (04/09/2018).

Dana siap pakai yang dimaksud adalah komitmen Kemenkeu untuk rehabilitasi bencana gempa di Lombok sebesar Rp 1 triliun. Anggaran tersebut diambil dari dana cadangan di APBN yang disiapkan pemerintah sebesar Rp 3,3 triliun khusus untuk penanganan bencana selama 2018.

Fikri mengaku sudah mengkonfirmasi hal itu langsung ke Kemendikbud ketika rapat kerja pada Rabu pekan lalu. Dan hasilnya, dana siap pakai tersebut belum ditransfer ke Kemendikbud.

Fikri menjelaskan, pada rapat kerja tersebut, Kemendikbud berkomitmen untuk menyalurkan duit sebesar Rp. 229 miliar untuk penanganan infrastruktur pendidikan di Lombok pasca gempa. “Namun, itupun dari optimalisasi APBN 2018 melalui perubahan DIPA,” ujar wakil rakyat dari PKS ini.

Sumber: hidayatullah.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama