Breaking News

Kabupaten Tangerang Juara 2 Lomba Baca Kitab Kuning Se-Banten

Serang - Perwakilan Lomba Baca Kitab Kuning dari Kabupaten Tangerang berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Baca Kitab Provinsi Banten yang diselenggarakan PKS di Markas Dakwah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Banten, Serang, Ahad (23/9/2018). 

Adalah Hasbullah, santri dari Pesantren Al-Husan Waziyadah, Mekarbaru, Kabupaten Tangerang yang berhasil meraih Juara 2 Lomba Baca Kitab Kuning se-Provinsi Banten. 

Sedangkan Juara 1 diraih oleh Mutiah dari Pondok Pesantren Al-A'rof Taktakan, Kota Serang. Mendapatkan hadiah Umrah. 

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengatakan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning untuk menghidupkan kembali budaya membaca Kitab Kuning di tengah Umat Islam. 

“Dengan lomba baca kitab kuning ini salah satu menghidupkan kembali budaya kitab kuning wabil khusus anak-anak muda, umumnya seluruh ummat islam yang sudah mulai meninggalkan kitab kuning,” kata Jazuli Juwaini. 
Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini saat memberikan sambutan

Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ini sudah menjadi tradisi yang baik (biah hasanah) bagi PKS dan tahun ini telah memasuki tahun ketiga. 

"Indonesia merupakan negara muslim terbesar. Ada ribuan pesantren dengan jutaan santri yang menyemai dan menjaga nilai-nilai keislaman di Indonesia. Mayoritas pesantren menjadikan kitab kuning sebagai rujukan pembelajaran. Nah, lomba kitab kuning ini kami selenggarakan untuk mengapresiasi santri dan pesantren di Indonesia," papar Jazuli. 

Menurut Jazuli, tradisi keilmuan islam melalui pembelajaran kitab kuning ini penting dilestarikan untuk nemotivasi generasi muda dalam belajar agama dari sumber dan bahasanya yang otentik.

Selain Jazuli Juwaini, hadir beberapa tokoh lainnya seperti Ketua DPW PKS Banten, Miptahudin dan Ulama Banten KH. Abdi Sumaithi.

Tidak ada komentar