Breaking News

Seni Budaya Jadi Salah Satu Alat Perekat Bangsa


KOTA BATU - Peserta rapat koordinasi nasional bidang seni budaya DPP PKS sepakat menjadikan seni budaya daerah masing -masing menjadi sarana perekat bangsa.

"Hari ini kita melihat masyarakat mulai terpecah karena isu budaya dan agama yang menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Maka PKS akan menggairahkan seni budaya daerah untuk merekatkan ikatan antar masyarakat," kata Mabruri ketua panitia rakornas.

Acara rakornas yang dihadiri 42 peserta perwakilan bidang seni budaya PKS wilayah provinsi dilaksanakan di Batu Jawa Timur selama 3 hari. Hari pertama para peserta diajak mengunjungi Museum Musik Indonesia di kota Malang, Kampung Budaya di Polowijen Malang dan Museum Angkut di Batu. Menurut Aru koordinator acara, kunjungan ini dimaksudkan agar para peserta dapat merasakan secara langsung peristiwa budaya yang berlangsung di masyarakat.

"Diharapkan dengan melihat langsung peserta dapat mengambil inspirasi dari ide dan praktik yang sudah dilaksanakan masyarakat," terang Aru.

Sulthoni peserta dari Banten dan Rosyid dari Bali terkesan dengan kunjungan ke kampung budaya. Menurut mereka dengan ide yang sederhana mereka mampu menggerakkan masyarakat untuk memahami sekaligus menjadi pelaku seni yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Rakornas juga merekomendasikan agar seni budaya PKS berkontribusi melakukan rehabilitasi mental dan semangat masyarakat korban gempa di Nusa Tenggara Barat. Bentuk kontribusi dengan menggelar festival budaya di Mataram yang rencananya akan dilaksanakan Maret 2019. Diharapkan pada festival budaya di NTB nanti perwakilan peserta wilayah dapat menyuguhkan kreasi terbaik budaya masing-masing daerah.

Selain itu peserta rakornas bertekad memperjuangkan target perolehan suara PKS sebesar 12% di pemilu 2019 nanti.

"Kami dari provinsi Aceh yakin dengan menggiatkan seni budaya di lingkungan kader PKS, insha Allah dapat meraih simpati masyarakat untuk memilih PKS, kata Muslem peserta dari Subulussalam provinsi Aceh.

Sumber : pks.id

Tidak ada komentar