Breaking News

header ads

Bertemu Kongres AS, F-PKS Bahas Isu Palestina hingga Muslim Uighur

PKS bertemu dengan anggota senior Kongres AS, David Price. 

JAKARTA - Fraksi PKS DPR melakukan kunjungan kerja ke kantor Kongres Amerika Serikat (AS). Dalam lawatan itu, dibahas penguatan kerja sama Indonesia-AS dan kerja sama antarparlemen.

Dalam pertemuan yang digelar pada Kamis (20/12) itu, Fraksi PKS diwakili oleh Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, dan Sekretaris Fraksi PKS Sukamta. Sedangkan Kongres AS diwakili oleh anggota senior Kongres AS David Price. 

"Hari ini kami menemui anggota senior Kongres AS David Price dan menyampaikan langsung keinginan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antarparlemen Indonesia-AS. Secara khusus Fraksi PKS membuka diri untuk kerja sama peningkatan kualitas demokrasi dalam area kepartaian dan keparlemenan dan mengundang beliau untuk hadir ke Indonesia dalam acara Konsolidasi Anggota Legislatif Nasional PKS pada Januari 2018," ujar Jazuli dalam keterangan tertulis, Jumat (21/12/2018). 

Selain kerja sama antarparlemen, isu Palestina, Rohingya, hingga muslim Uighur di China juga turut dibahas. PKS meminta AS semakin berperan aktif dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia serta pembelaan hak asasi manusia dan rakyat tertindas di berbagai belahan dunia. 

Menurutnya, dengan berperan aktif, AS dapat mewujudkan tatanan dunia yang lebih aman, damai, dan bermartabat. Sebab, hal itu merupakan tanggung jawab kolektif seluruh bangsa di dunia, baik AS maupun Indonesia. 

"Tanpa bermaksud mengintervensi politik luar negeri pemerintah AS, kami mengharap kesamaan agenda dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan HAM, dan pembebasan rakyat yang masih terjajah atau tertindas di berbagai belahan dunia, khususnya terhadap rakyat Palestina, etnis Rohingya di Myanmar, dan minoritas muslim di Uighur, China. Kami suarakan kemerdekaan penuh Palestina dan kebebasan hak asasi manusia bagi etnis Rohingya dan minoritas muslim Uighur di China," tuturnya.

Anggota Komisi I DPR itu mengaku Price menyambut hangat dan bersahabat kedatangan perwakilan Fraksi PKS. Price, kata Jazuli, berharap kerja sama Indonesia-AS akan semakin kuat dari masa ke masa, dan dapat terus ditingkatkan. 

"Ia juga sangat concern terhadap peningkatan kualitas demokrasi, perdamaian dunia, dan hak asasi manusia sebagaimana harapan Fraksi PKS. Semoga!" pungkas Jazuli.

Sumber : detik.com

Posting Komentar

0 Komentar