Breaking News

header ads

Gubsu Tinjau Pembangunan Rumah Untuk Relokasi Pengungsi Sinabung

PKSTangerang.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho meninjau lokasi pembangunan rumah untuk pengungsi erupsi Sinabung di Desa Siosar Kabupaten Karo, Sabtu (20/6/2015).

Kedatangan Gubsu Gatot Pujo Nugroho bersama Sekdaprovsu Hasban Ritonga serta Sejumlah SKPD Pemprovsu disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana, Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep Sukarna, Kapolres Karo juga Komandan Korem 023/ Kawal Samudera Kol. Inf. Fachri.

Setibanya di lokasi, Gubsu yang Komandan Korem 023/ Kawal Samudera Kol. Inf. Fachri SE, MM langsung melihat rumah yang telah berdiri.

Gubsu bertanya dan melihat apa-apa yang menjadi permasalah dalam usaha percepatan pembangunan relokasi bagi para pengungsi korban erupsi Sinabung."Kami datang ke Siosar untuk memastikan terlaksananya percepatan pembangunan rumah yang untuk tahun pertama ini sekitar 370 KK yang sudah selesai 112 KK dan sudah diserahkan. Sedangkan yang dalam proses pembangunan 128 dan sisanya ditargetkan Bulan Agustus ," kata Gubsu saat melakukan dialog dengan para pengungsi yang menempati Posko Paroki di Jalan Irian Kabanjahe.

Gubsu juga menyampaikan bahwa pihaknya juga telah berdiskusi untuk izin pemakaian lahan pertanian. "Jadi mulai besok pihak kehutanan sudah mulai ada penebangan, mudah-mudah untuk saudara-saudara kita yang akan menempati rumah di relokasi segera bisa ditempati dengan efektif yakni bertempat tinggal dan bercocok tanam," kata Gubsu.

Gubsu juga menyampaikan pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Karo, karena pihaknya akan melakukan rapat Koordinasi pada Hari Selasa Depan dengan Badan Penaggulangan Bencana Nasional.

"Jadi kehadiran saat ini adalah untuk melisting untuk mentabulasi beberapa persoalan yang akan kami jadikan bahan untuk rapat koordinasi kedepan," ujarnya.

Selain itu, Gubsu juga menyampaikan bahwa kehadirannya juga sekaligus membawa bantuan pemprovsu kepada para pengungsi.

"Kemarin Pemkab Karo melaporkan persediaan beras sudah mulai berkurang dan permohonan 100 ton beras maka kami membawa 124 ton beras dan 400 Kg gula mudah- mudah apa yang kami bawa bermamfaat. Kami akan terus bekerja dan sudah ada perencanaan membuat Hunian Tetap Sementara di dekat lokasi relokasi agar bisa lebih efektif," ujarnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan terimaksih dan penghargaan besar atas kedatangan orang nomer satu di Pemprovsu ini. Karena, lanjutnya dengan kedatangan Gubsu bisa memberikan semangat bagai warga Karo Khususnya para pengungsi. "Atas nama Pemerintah dan masuyarakat Karo kami ucapkan terimakasih," ujarnya. [dnaberita.com]

Posting Komentar

0 Komentar