PKS Kabupaten Tangerang


Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi PKS Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah Indonesia agar memperkuat jalur diplomasi luar negeri guna melanjutkan dukungan penuh terhadap Palestina.

Dalam pernyataannya, Netty menekankan bahwa posisi Indonesia sebagai negara berdaulat yang menolak segala bentuk penjajahan harus melakukan tindakan nyata dalam memperjuangkan hak-hak kemerdekaan Palestina.

"Sebagai bangsa yang pernah merasakan getirnya dijajah, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Hal ini selaras dengan amanat UUD 1945 dan prinsip Dasasila Bandung yang dihasilkan konferensi Asia-Afrika 1955 guna memajukan perdamaian dunia," ujarnya Senin, 14 Oktober 2024.

Diketahui, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa sejak Oktober 2023, korban jiwa akibat serangan Israel ke Palestina mencapai 41.689 jiwa. Jumlah ini termasuk di dalamnya balita, anak-anak, perempuan, disabilitas dan lansia.

Oleh karena itu, Netty mendesak peran aktif diplomasi Indonesia di berbagai forum internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan Gerakan Non-Blok (GNB).

"Indonesia harus terus bergerak aktif melalukan upaya agar konflik Israel-Palestina segera mendapatkan solusi yang adil dan menjamin hak rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan yang hakiki," lanjutnya.

Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial ini mendesak pemerintah Indonesia agar lebih tegas dan berani dalam menyuarakan dukungan terhadap hak-hak Palestina.

"Kita harus berani mengambil inisiatif, baik di kancah diplomasi internasional maupun regional, untuk memimpin upaya penyelesaian konflik ini," tegasnya.

Selain itu, Netty juga mendukung langkah-langkah diplomasi yang diambil oleh Kementerian Luar Negeri RI dan mendorong peran aktif pemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina yang saat ini sedang mengalami kesulitan akibat blokade dan serangan militer Israel.

"Semangat solidaritas kemanusiaan harus menjadi landasan kita dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus bersatu, menguatkan komitmen kita dalam mendukung Palestina, baik melalui diplomasi, bantuan kemanusiaan, maupun advokasi di forum-forum internasional," tutupnya.

Sumber: pks.id

Post a Comment

أحدث أقدم