Breaking News

Tiga Pesan Agar Humas PKS Dapat Berperan Optimal

Ilustrasi
PKSTangerang.com - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah (Kalteng) Heru Hidayat menyampaikan tiga hal penting untuk Humas PKS Kalteng, agar bisa berperan secara optimal dalam menunjang partai dakwah ini. Hal tersebut disampaikan Heru saat menghadiri diskusi rutin dengan Bidang Humas PKS Kalteng di halaman kantor PKS Kalteng, Kamis (26/11) malam.

“Pertama adalah kemampuan public speaking setiap pelaku Humas, karena akan menjadi penyambung hubungan komunikasi dengan banyak orang. Banyak karakter, banyak profesi yang ada di masyarakat, sehingga kemampuan berbicara, mempengaruhi, dan juga mengarahkan banyak pihak untuk turut serta dalam agenda dakwah adalah keniscayaan,” tutur Heru.

Selain itu, menurut Heru, dengan kemampuan public speaking yang baik, akan memudahkan para audience untuk mendapatkan informasi secara jelas dan komunikatif tentang apa dan bagaimana partai dakwah itu bekerja dan tumbuh.

Kedua, lanjut Heru, Humas harus memiliki kemampuan untuk bisa secara aktif memproduksi informasi berita secara terus menerus.

“Hal ini memiliki peran penting sehingga semua informasi harus didukung oleh bahan ataupun momen yang menarik agar bisa dituangkan dalam bentuk tulisan berita yang bisa kita bagikan kepada semua pihak. Jadi saat ini yang kita butuhkan adalah bagaimana kemampuan personil Humas mampu membuat informasi yang valid dan layak untuk bisa dimuat di berbagai media,” tambah ayah dari empat orang anak ini.

Heru bahkan menyampaikan, struktur akan membantu kebutuhan Humas untuk bisa optimal dalam berkerja. Oleh karena itu menurut Heru jika ini terus dilakukan oleh Humas dan semua kader dalam menyuplai informasi lapangan, maka berita yang dihasilkan akan semakin banyak dan berkualitas.

“Karena sebetulnya banyak potensi informasi yang berasal dari internal kita. Misalnya kegiatan Ketua Umum, bidang-bidang, struktur DPD, para anggota legislatif, dan kegiatan para kader yang ada di lingkungannya masing-masing,” terang Heru.

Yang ketiga, tambah Heru, adalah kemampuan mendokumentasikan setiap kesempatan yang dilakukan agar memiliki bahan informasi. Baik itu cara mengemas kegiatan, pengambilan foto, sampai penulisan informasi berita untuk kemudian dikirim ke berbagai media.

“Jika semua ini kita lakukan secara bertahap dan berkesinambungan maka akan menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri pelaku Humas maupun para kader di PKS. Karena yang dibentuk adalah kepekaan pada setiap momen untuk bisa menjadi berita yang dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap PKS,” jelas Heru.

Menurut Ketua Umum DPW PKS termuda ini, PKS di Kalimantan Tengah harus dekat dan bersahabat dengan masyarakat. Karena dengan upaya tersebut akan membuat PKS banyak bersinergi dengan berbagai pihak sehingga akan sangat membantu.

“Kita saksikan sendiri pada saat bencana asap kemarin, ada beberapa orang yang semula tidak menyukai PKS bahkan sangat antipati, namun mereka melihat kerja nyata kita, mereka menyaksikan kader PKS terus dekat dengan masyarakat, hadir pada saat dibutuhkan masyarakat. Nyatanya mereka yang selama ini antipati tersebut berubah menjadi bagian dari kita dalam kegiatan sosial, mereka turut andil pendanaan dalam kegiatan kita. Jadi kini saatnya kita turut melakukan berbagai kegiatan berkhidmat bersama masyarakat. insya Allah akan membawa nilai positif, keberkahan dari Allah SWT,” pungkas Heru.
 
Sumber: pks.id

Tidak ada komentar