PKS Kabupaten Tangerang


MENGULIK sejarah asal-muasal nama Balaraja, kecamatan yang terletak di sebalah barat Kabupaten Tangerang, Banten. Balaraja dikenal sebagai kawasan industri nasional. Ada banyak pabrik berdiri di daerah tersebut. Maka tak heran jika Balajara dijuluki Kota Kota Seribu Pabrik.

Namun tahukah Anda bagaimana asal muasal nama Balaraja?

Dilansir dari Okezone.com, Balaraja disebut-sebut diambil dari dua kata yaitu raj yang berasal dari kata kepala dan raja. Atau dengan kata lain, Balaraja memiliki arti pasukan raja tawon.

Namun dalam versi lain disebutkan jika Balaraja berasal dari kata Bale dan Baja yang mengandung arti tempat peristirahatan para raja.

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Tangerang, versi yang tepat adalah Balaraja yang berarti tempat peristirahatan para raja.

Menurut artikel di abottng.com, letak pemandian Talagasari berada di depan gedung Kecamatan Balaraja yang dulunya merupakan gedung Kawedanaan Balaraja. Lebih tepatnya berada di Klinik Aroba, di belakang Masjid Al-Jihad.

Bukti lainnya menyebutkan jika raja-raja seluruh nusantara pada zaman dahulu pernah menjadikan kampung Sentiong di daerah Balaraja sebagai tempat beristirahat.

Raja-raja yang pernah singgah di tempat itu antara lain adalah raja yang pernah menyerang Batavia, yakni Raja Brawijaya dari kerajaan Majapahit dan Sultan Agung dari Kerajaan Mataram.

Pada perkembangannya, Balaraja sempat mengalami beberapa kali pemekaran wilayah. Diantaranya Balaraja pertama kali mekar menjadi beberapa wilayah seperti Tigaraksa, Cisoka, Kronjo, Kresek dan Jayanti. Kemudian mekar kembali pada tahun 2007 menjadi Kecamatan

Sukamulya. Kecamatan Kresek juga mekar menjadi Kecamatan Gunung Kaler, Kecamatan Kronjo mekar menjadi Kecamatan Mekar Baru dan Kecamatan Cisoka dimekarkan menjadi Kecamatan Solear.

Kini daerah Balaraja menjadi daerah industri yang berpotensi pula menjadi area perumahan. Balaraja juga memiliki potensi pertanian yang berada di daerah Kecamatan Cisoka, Solear, Jayanti, Sukamulya, Kresek, Gunung Kaler, Mekar Baru dan Kronjo.

Selain itu Balaraja juga memiliki potensi perikanan dan kelautan yang terpusat di Kecamatan Kronjo dan Mekar Baru.

Demikianlah asal muasal nama Balaraja.


Sumber: Okezone.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama