Breaking News

Padang, Satu-satunya Kota di Indonesia Raih Anugerah Peduli Pendidikan

Walikota Padang, Mahyeldi
PKSTangerang.com - Padang menjadi daerah satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan peng­hargaan Anugerah Peduli Pen­didikan (APP) 2015. Padang di­nilai berhasil menuntaskan buta aksara dan melaksanakan program wajib belajar 12 tahun dengan baik, Pemerintah Kota Padang me­nerima API 2015 dari Ke­men­terian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penghargaan ini diserahkan Mendikbud Anies Baswedan kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo dalam acara yang berlangsung di Gedung Ki Hadjar Dewantara Senayan, Jakarta, Jumat (11/12).

Mendikbud menyebut apre­siasi yang diberikan kepada Pe­merintah Daerah ini untuk men­dorong partisipasi semua pihak untuk lebih peduli terhadap pela­ya­nan pendidikan. “Diharapkan akan terus tumbuh peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan,” kata Anies dalam sambutannya.

“Semoga visi Kota Padang untuk mewujudkan pendidikan bermutu, berprestasi dengan semangat kebersamaan segera terwujud,” tambah Anies.

Sedangkan Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo mengung­kap­kan, pendidikan gratis 12 tahun dan memasukan pendi­dikan menjadi program unggulan adalah sebagian dari bentuk kepedulian pemerintah kota Padang dalam pelayanan pen­didikan. Disamping program Dinas Pendidikan Kota Padang sendiri kreatif menciptakan du­kungan masyarakat terhadap pendidikan, lahirnya organisasi bersama pe­duli pendidikan (Ge­ma Pendik) menjadi salah satu terobosan yang melibatkan ma­syarakat dalam mengentaskan masalah pendidikan di ibukota provinsi Sumatera Barat ini.

“Semoga visi untuk me­wujud­kan pendidikan bermutu, ber­prestasi dengan semangat ke­bersamaan dapat dicapai,” tukas Walikota yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Penghargaan ini terbilang cukup fenomenal. Pasalnya, hanya Kota Padang saja yang mendapat penghargaan APP 2015 dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini men­dapat respon positif dari sejum­lah perantau asal Kota Padang yang berdomisili di Ja­karta. Salah seorang perantau Padang yang tinggal di Cibubur, Irawan menyebut dengan di­raihnya peng­hargaan tersebut membuktikan bahwa Padang merupakan dae­rah yang begitu peduli dengan pen­didikan. Me­nurutnya, tak he­ran jika dari Kota Padang selalu muncul pemikir-pemikir handal yang mencuat di pentas nasional. “Padang dari dulu sudah terkenal dengan pemikir-pemikirnya yang selalu membawa pengaruh di In­done­sia, selamat buat Padang,” ujar­nya.

Sumber: haluan.com

Tidak ada komentar