PKS Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG - Dalam bulan Ramadhan ini banyak sekali nilai-nilai puasa terkandung dalam Pancasila yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disampaikan , Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PKS, H. Asnin Syafiuddin, Lc. MA., saat melakukan sosialisasi empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara kepada masyarakat, di LTQ Khoiru Mu’in desa Rajeg kabupaten Tangerang. Selasa (26/04/2022).

“Kalau kita kembali kepada nilai-nilai atau hikmah puasa banyak kita dapatkan dalam Pancasila. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Puasa Ramadhan adalah pengamalan perintah agama. Sementara mengamalkan ajaran agama adalah perwujudan pengamalan sila dalam Pancasila, utamanya sila pertama , Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab dan sila ketiga Persatuan Indonesia. Asnin menjelaskan, orang yang berpuasa orang yang bertakwa. “Membantu atau berinfak kepada orang yang tidak mampu, berpuasa bisa merasakan apa yang mereka rasakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, tentang sila ketiga Persatuan Indonesia, para pejuang kemerdekaaan dulu sampai rela membuang tujuh kata dalam sila pertama “Ketuhanan dengan kewajiban melaksanakan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa, demi persatuan Indonesia, kalau itu dimasukan sudah ada ancaman, Indonesia bagian timur memisahkan dari NKRI.

“Jadi para Ulama memperjuangkan kemerdekaan ini berkorban untuk terciptanya Persatuan Indonesia dan kita juga mempunyai kewajiban menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia bukan hanya sologan,” tambahnya.

Tentang Bhineka Tunggal Ika, Asnin menyampaikan Islam tidak anti agama lain, bahkan hidup berdampingan. “Di jaman Rasulullah Saw juga demikian Rasulullah mencontohkan berdampingan dengan pemeluk-pemeluk agama lain, memang ajaran Islam sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan atau empat konsesus dasar berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Materi kebangsaan diisi oleh Kader Terbaik PKS yaitu Makiyah, menyampaikan tentang NKRI dan Umar tentang Bhineka Tunggal IKa. Acara tersebut dihadiri enam DPC PKS  perwakilan daerah pemilihan Banten 4 (Kabupaten Tangerang B), kecamatan Rajeg, Sukadiri, Mauk, Kemiri, Pasar Kemis dan Sindang Jaya. Diakhiri dengan berbuka puasa bersama.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama