Breaking News

Relawan PKS Evakuasi Korban Gempa Sulteng Dengan Peralatan Sederhana

KABUPATEN TANGERANG -Dengan menggunakan peralatan yang sederhana, relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus bergerak membantu mengevakuasi korban bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah yang terkena reruntuhan bangunan.

Wakil Direktur Posko Nasional Siaga dan Tanggap Bencana Pusat Khidmat PKS, Asep Teguh Firmansyah mengatakan, para relawan telah berhasil mengevakuasi puluhan korban baik yang selamat dan sudah meninggal dunia.

"Proses evakuasi ini dilakukan dengan peralatan yang sederhana," ungkap Teguh dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (4/10).

Teguh menjelaskan, selain akses menuju lokasi bencana yang sulit dilewati, jumlah alat berat yang diturunkan oleh pemerintah juga masih terbatas. Akan tetapi, para korban harus segara dievakuasi dari reruntuhan, khusunya korban yang selamat.

"Relawan kita di lapangan banyak yang mobile membantu proses evakuasi yang memang harus segera dilakukan meskipun dengan keterbatasan alat berat, kita lakukan evakuasi sebisa kita," ungkapnya.

Teguh berharap, pemerintah pusat dapat bergerak cepat untuk membantu korban terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, serta segera menetapkan status bencana nasional agar proses pemulihan lebih efektif.

"Melihat kondisi di lapangan dengan kondisi listrik mati, sulitnya air bersih, sulitnya akses menuju lokasi bencana dan masih banyaknya korban yang belum dievakuasi. Harapannya dengan ditetapkan sebagai bencana nasional, pemulihan kondisi para korban akan lebih cepat dan efektif, serta cepat juga mendapatkan bantuan," tutupnya.

Per hari kemarin, total 1.407 korban meninggal dunia akibat gempabumi dan tsunami Sulteng. Sebanyak 2.549 korban luka-luka baik luka berat dan sedang. Sementara sebanyak 113 orang masih dalam pencarian.

Sumber: rmol.co

Tidak ada komentar