PKS Kabupaten Tangerang
PKSTangerang.com - Salah satu upaya penyelenggaraan pendidikan berkarakter di Sumatera Barat (sumbar) ialah kegiatan pesantren bagi siswa SD dan SMA. Pendidikan di pesantren memfokuskan anak didik belajar agama selama Bulan Ramadhan. Oleh karena Ramadhan merupakan bulan pendidikan keimanan, latihan menahan dan mengendalikan hawa nafsu, serta bulan berkah mencapai taqwa.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan hal ini ketika memberikan tausiyah dan membuka secara resmi Pesantren Ramadhan di SMA Negeri 2 Padang, Ahad (21/6). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah dan para majelis guru, utusan Pemko Padang, serta ratusan siswa SMA Negeri 2 Padang.

Lebih jauh Irwan menyampaikan, upaya setiap Umat Islam untuk mencapai taqwa merupakan sebuah tekad dan kesungguhan dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Begitu juga kesungguhan terhadap menuntut ilmu di sekolah.

“Dengan rasa taqwa, kita akan diberikan kemudahan dalam mendapatkan pelajaran di sekolah, diberi jalan keluar jika ada masalah dalam tugas-tugas belajar yang diberikan. Oleh karena itu, semua ibadah dan kebaikan dalam bersekolah serta pekerjaan yang dilakukan, tujuannya bermuara untuk bertaqwa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Irwan juga melakukan dialog dan mengajak siswa menghafal Al Quran. Ia berpesan mendalami pengetahuan diri dengan mempelajari Al Quran, tidak hanya untuk ibadah, tetapi juga menambah ilmu pengetahuan dan memaknainya sebagai kebaikan ibadah agama.

“Dalam Bulan Ramadhan ini, bulan penuh rahmat dan hidayah, jika kita melakukan berbagai kebaikan ibadah dengan sebanyak-banyaknya, Allah SWT akan bukakan dan beri petunjuk kepada kita untuk meraih taqwa tersebut,” pesannya.

Sementara, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan saat ini ada 4 sekolah di Kota Padang menjadi percontohan untuk pelaksanaan “Pesantren Ramadhan di Sekolah”. Keempat sekolah tersebut antara lain SMAN 1, SMAN 2, SMKN 6, dan MAN 3 Kota Padang.

“Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di sekolah ini dilakukan oleh Pemko Padang karena banyaknya permintaan masyarakat untuk melihat perbedaan hasil Pesantren Ramadhan di sekolah dan di masjid. Kami sudah persiapkan pihak sekolah untuk melaksanakan Pesantren Ramadhan. 4 sekolah itu juga kita yakin mampu melaksanakannya,” papar Mahyeldi.

Mengenai materi yang akan diberikan, menurut Mahyeldi tidak akan jauh berbeda antara Pesantren Ramadhan yang digelar di masjid dan sekolah. Untuk mendukung pelaksaan Pesantren Ramadhan selama 21 Juni-4 Juli 2015, Pemko Padang telah menyiapkan 1.150 orang mentor yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Padang. [pks.id]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama