Breaking News

Berdayakan Ekonomi Masyarakat, PKS Serpong Utara Launching Budidaya Lele

PKSTangerang.com - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Serpong Utara melaunching program budidaya ikan lele di salah satu rumah makan di Jalan Graha Raya Blouvard, Pakujaya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Ahad (6/12/2015).

Ricky Yuanda, Bendahara DPC PKS Serpong Utara mengatakan, program budidaya ikan lele merupakan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat disekitar wilayah Serpong Utara. 

"Program tersebut juga bagian dari pembekalan untuk melatih masyarakat agar terbiasa berwirausaha, dan siap menghadapi MEA (masyarakat ekonomi asean) yang tak lama lagi akan diterapkan di Indonesia," katanya.

Ricky menjelaskan, untuk sementara, penerima manfaat program budidaya ikan lele akan diberikan ke tujuh orang yang merupakan representasi dari tujuh kelurahan di Serpong Utara.

Untuk modal awal, lanjut Ricky, para penerima manfaat tersebut akan diberikan modal sebesar Rp1 juta. Adapun sumber dana tersebut berasal dari dana zakat maal kader PKS Serpong Utara yang disalurkan untuk program pemberdayaan produktif.

"Program ini adalah proyek percontohan, kalau sukses akan sigulirkan ke penerima manfaat lainnya, sehingga makin banyak warga yang bisa diberdayakan," jelasnya.

Abu Haris, narasumber acara ini mengapresiasi acara launching program budidaya ikan lele di Serpong Utara, karena melalui program tersebut masyarakat bisa diedukasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan di tengah-tengah keluarga.

"Saat ini kesadaran makan ikan di masyarakat kita masih rendah," ujar alumni STAN yang terjun ke bisnis budidaya ikan lele sejak 2008 lalu.

Badru mengungkapkan, kebutuhan ikan lele segar di Jabodetabek sangat tinggi yakni mencapai 70 ton perhari. Saat ini, sentra budidaya ikan lele berlokasi di Parung Bogor belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

"Saya tertarik terjun ke budidaya lele karena kebutuhan ikan lele sangat tinggi," pungkasnya.

Walau latar belakang pendidikannya bukan sarjana pertanian, tak menyurutkan motivasinya untuk berperan dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Bahkan ia mencanangkan program "1 Keluarga 1 Kolan Ikan Lele".

Menurutnya, program ini masih di tataran konsep dan masih melakukan penelitian agar program tersebut bisa terlaksana. Karena itu, dia sangat menyambut program budidaya ikan lele yang dicanangkan DPC PKS Serpong Utara karena selaras dengan idenya.

" Semoga program ini sukses dan bisa menular ke warga lainnya," harapnya.

Sumber: Humas PKS Kota Tangsel

Tidak ada komentar