Breaking News

header ads

Rumah Perjuangan PKS

PKSTangerang.com - Kantor sekretariat berfungsi untuk memberikan daya dukung bagi operasional sebuah organisasi. Mulai dari urusan kesekretariatan hingga penyimpanan aset dan properti. Keberadaannya mutlak diperlukan sebagai wujud eksistensi organisasi bersangkutan.

Mencari Makna & Hakikat
Kadang ada istilah khusus yang disematkan pada sebuah bangunan, sebagai bentuk penegasan peran dan fungsinya. Contoh sederhana ; Masjid kadang diberi nama Baitullah, Gedung DPR/DPRD kadang disebut Rumah Rakyat dll.

Ada ideologi dan nilai moral tertentu yang melandasi pendirian dan cara berperilaku sebuah partai. Dengan sendirinya, ada istilah – istilah khusus yang disematkan pada kantor sekretariatnya. Misalnya, ada partai yang menyematkan nama “Panti Marhaen” kepada kantor sekretariatnya.

Selain berfungsi sebagai kantor sekretariat, kantor pengurus PKS memiliki beberapa nama yang sangat khas. Hal ini sekaligus bentuk perwujudan dan simbol perjuangan yang dimiliki oleh pengurus PKS. Apa saja nama yang sering disematkan pada sekretariat PKS?

Pertama, Markaz Dakwah
Istilah markaz dakwah sudah dikenalkan kepada kader sejak awal berdirinya PK. Sebutan ini sangat khas diinternal pengurus dan kader, terlebih PKS memang mendeklarasikan diri sebagai partai dakwah. Ijtihad untuk menggabungkan dakwah dengan politik menjadi anomali sekaligus anti mainstream dalam konsepsi politik nasional.

Penamaan markaz dakwah kepada sekretariat PKS ini memiliki dua penjelasan. Pertama, sebagai perwujudan ide dan semangat PKS dalam berpolitik. Kedua, sebagai pusat perencanaan, penataan dan pergerakan dakwah kelompok tarbiyah sebagai basis komunitas PKS.

Kedua, Rumah Aspirasi
Istilah rumah aspirasi sudah dimasifkan sejak dua pemilu legislatif terakhir. Semangatnya adalah untuk mewujudkan peran dan fungsi strategis partai sebagai alat perjuangan sekaligus instrumen untuk mengadvokasi dan mengagregasi aspirasi dari masyarakat.

Penamaan rumah aspirasi kepada sekretariat PKS ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk menanamkan jiwa siyasi kepada pengurus dan kader. Kedua, untuk membantu tugas anggota legislatif PKS dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Ketiga, Pusat Khidmah
Istilah pusat khidmah mulai dikenalkan pada kepemimpinan periode sekarang. Dengan tag nasional “Berkhidmah Untuk Rakyat”, ketua Majelis Syuro memang menginstruksikan secara khusus agar membangun pusat khidmah dan/atau memfungsikan kantor sekretariat sebagai pusat khidmah.

Penamaan pusat khidmah kepada sekretariat PKS ini memiliki dua makna. Pertama, sebagai peneguhan dan manifestasi konsep “Sayyidul Qaumi Khodimuhum”. Kedua, untuk menggenjot peran – peran ijtima’i pengurus dan kader PKS.

Khatimah
Makmurnya masjid bukan hanya dilihat dari besar dan megahnya bangunan, tapi juga banyaknya jama’ah dan hidupnya aktivitas didalamnya. Hal yang sama juga berlaku pada bangunan lain, termasuk kantor sekretariat organisasi.

Setiap organisasi bisa memberi nama dan istilah khusus pada kantor sekretariatnya. Namun, karakter dan pola pergerakan kader – kadernya jua yang akan membuktikan keshahihan klaim itu.

Eko Junianto

Posting Komentar

0 Komentar