PKS Kabupaten Tangerang
JAKARTA - Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPP PKS akan napak tilas perjuangan R.A Kartini di Jepara, Jawa Tengah. Ketua BPKK DPP PKS Wirianingsih menyebutkan, napak tilas perjuangan R.A Kartini akan digelar selama dua hari, Selasa (17/4/2018) - Rabu (18/4/2018) di Jepara dan Semarang.

Menurut Wirianingsih, napak tilas perjuangan R.A Kartini di Jepara sangat penting. Sebab saat ini, banyak orang memperingati Hari Kartini pada 21 April hanya sebatas seremonial semata. Sementara bagaimana kisah perjuangan R.A Kartini yang menginspirasi mulai terpinggirkan.

"Penting bagi kita para generasi penerusnya untuk menghayati perjuangan Ibu Kartini secara utuh. Karena dengan memahami keutuhan perjalanan perjuangan beliau, maka insya Allah bangsa ini dapat menyerap semangat juang dan cita-cita hakiki beliau," papar perempuan yang akrab disapa Wiwik ini di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Wiwik menyebutkan, selain berkunjung ke Museum Jepara dan berdialog dengan sejarawan tentang perjuangan R.A Kartini, BPKK PKS juga akan silaturahim dengan salah satu pegiat batik Jepara, Yanti Jatmiko. Yanti Jatmiko adalah tokoh Jepara yang mewarisi motif batik yang pernah dibuat R.A Kartini pada tahun 1879. "Peninggalan R.A Kartini bukan hanya tentang gerakan sosial tetapi juga mewariskan peninggalan budaya yang dilestarikan hingga kini," ujar Wiwik. 

Usai di Jepara, BPKK PKS juga akan ziarah ke makam guru agama R.A Kartini KH Sholeh Darat di Semarang. Lewat interaksi dengan Kiai Sholeh Darat, Kartini berupaya seoptimal mungkin untuk mengokohkan keimanannya kepada Allah SWT melalui pemahaman yang utuh terhadap Islam

Rangkaian napak tilas perjuangan R.A Kartini ini, ujar Wiwik, memberikan banyak hikmah yang bisa diambil generasi saat ini dan mendatang. Dan lebih khusus lagi, paparnya, agar perempuan Indonesia tidak melupakan jati dirinya, yang secara nyata diukir dalam sejarah oleh para perempuan Pahlawan bangsa sebagai ibu generasi. 

"R.A Kartini resah dengan penjajahan kolonial, mendirikan sekolah untuk laki-laki dan perempuan, melanjutkan perjuangan leluhurnya Ratu Kalinyamat, mendorong anak-anak perempuan untuk terus menuntut ilmu dan mengokohkan keluarga dan menentang praktek pingitan yang terjadi di kalangan bangsawan adalah sekelumit perjuangan Kartini untuk bangsa," terang Wiwik. 

Kegiatan napak tilas perjuangan R.A Kartini adalah bagian dari rangkaian peringatan Milad ke-20 PKS yang jatuh pada 20 April 2018. DPP PKS menggelar berbagai acara jelang Milad ke-20 seperti peringatan Mosi Integral M Natsir, dialog langsung dengan petani garam dan nelayan di Pati, gowes Semarang-Jakarta, PKS Muda Summit, Jalan sehat nasional dan Puncak Peringatan Milad ke-20 13 Mei mendatang.

Sumber: pks.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama